Cara Bertahan Hidup di Don't Starve: Pocked Edition

"Lebah ingin menyengatmu. Monster ingin memakanmu. Laba-laba ingin menyakitimu. Jamur ingin membuat isi perutmu keluar. Dan jika semua itu tidak bisa membunuhmu, kelaparanlah yang akan melakukannya." - Mark Brown

Don't Starve: Pocket Edition

Kemarin ada seorang teman memintaku untuk mencari tahu bagaimana cara memainkan sebuah game yang bernama Don't Starve: Pocket Edition. Tapi pas aku cari di Google Play Store, game ini tak ada dalam list, yang berarti ponsel yang kupakai tidak support.

Kemudian aku cari di Google, nemu yang versi Mod. Ternyata game ini tidak gratis. Meski tahu ponselku tak support, aku coba download dan instal, tapi saat dibuka malah mental. Artinya, aku tak tahu bagaimana memainkan game ini.

Walau demikian, aku belum menyerah. Aku cari walkthrough-nya di internet, dan dari sekian banyak yang kubaca, kupikir salah satu postingan di Pocket Gamer cukup bisa membantu temanku yang satu itu. Yah, meski dalam bahasa Inggris.

Kali ini, aku akan berusaha semaksimal mungkin menerjemahkan artikel tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Semoga bisa membantu mereka yang kesulitan memainkan game ini. Inilah dia hasilnya:

Lebah ingin menyengatmu. Monster ingin memakanmu. Laba-laba ingin menyakitimu. Jamur ingin membuat isi perutmu keluar. Dan jika semua itu tidak bisa membunuhmu, kelaparanlah yang akan melakukannya.

Dengan begitu banyak hal yang bisa membunuhmu, bertahan hidup di padang gurun serupa kartun absurd ini bukanlah tugas yang mudah. Khususnya bagi mereka yang baru memainkannya.

Jadi, dengan pemikiran itu, berikut adalah 11 hal yang perlu diingat selama minggu pertama kalian di alam bebas.

Buatlah Persiapan dalam Satu Hari

Don't Starve: Pocket Edition

Jika kalian tidak bertindak cerdas pada hari pertama, kalian mungkin tidak akan hidup untuk hari berikutnya. Sangat penting bagi kalian untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi malam pertama (bukan malam pertama yang itu, ya, ini lain). Kalian harus makan dengan cukup (kenyang), mempersiapkan alat-alat, dan yang terpenting hidup untuk hari kedua.

Ambil ranting dari anakan pohon dan batu dari tanah sampai kalian bisa membuat axe (kapak) dan pick axe (kapak untuk batu). Kemudian pungut rumput yang cukup dan tebangi pohon untuk mendapatkan balok kayu, sebagai bahan api unggun.

Juga ambil berries dan wortel saat kalian melihatnya. Dan saat menjelajah, ingatlah tempat yang bagus untuk berkemah (dimana ada pohon atau batu untuk dikerjakan sepanjang malam).

Saat senja tiba, cari tempat untuk berkemah yang bagus. Saat malam tiba, kalian harus membuat api unggun dan pertahankan untuk terus menyala dengan balok kayu, sehingga kalian bisa bekerja sepanjang malam.

Kabur, Jangan Bertarung

Don't Starve: Pocket Edition

Kalian mungkin ingin bertarung di minggu pertama. Tapi musuh tidak terlalu sering menjatuhkan barang yang kalian butuhkan untuk membangun markas, dan kalian tidak memiliki senjata bagus dan baju besi untuk menyerang balik.

Jangan membuat api unggun di dekat sarang laba-laba, dan jangan tusuk sarang lebah atau terlalu dekat dengan monster babi gila.

Sebaiknya kaburlah sampai musuh menyerah. Dan buatlah baju dari rerumputan untuk mengurangi damage yang ada.

Bangunlah Mesin Sains

Don't Starve: Pocket Edition

Mesin Sains seperti crafting table di Minecraft, yang memungkinkan kalian untuk membuat barang yang jauh lebih rumit dan menarik daripada barang yang kalian buat saat menjelajah.

Kalian membutuhkan emas untuk membuatnya, jadi pakailah pick axe pada batu untuk mendapatkan keping emas.

Setelah Mesin Sains dibangun, kalian bisa membuat barang-barang praktis, seperti ransel yang bisa membuat kalian membawa barang lebih banyak, atau sekop yang bisa kalian gunakan untuk menggali kuburan (tulisannya sih grave) atau menamam benih.

Hati-hati dengan Kebakaran Hutan

Don't Starve: Pocket Edition

Hanya kalian yang bisa mencegahnya. Dengan berhati-hati saat menggunakan obor dan saat menempatkan api unggun.

Masak Makananmu

Don't Starve: Pocket Edition

Makanan tak terlalu berguna saat mentah. Wortel yang diambil dari tanah dan berries yang dipetik dari semak-semak hanya sedikit memuaskan rasa lapar kalian. Dan, seperti judul game yang seakan memberikan pesan: nutrisi itu penting.

Dalam beberapa hari pertama (sebelum kalian terlibat dengan panci masak dan semua itu) kalian dapat menekan rasa lapar dengan memasak makanan yang kalian dapat. Tarik wortel atau sejenisnya ke api unggun untuk mengubahnya menjadi makanan yang matang.

Ikuti Jalan

Don't Starve: Pocket Edition

Tiba-tiba menemukan jalan berbata? Contohlah Dorothy dan ikutilah dia. Mereka hampir selalu mengarah ke tempat yang menarik, seperti Desa Babi yang penduduknya bisa kalian jadikan pengawal (dengan beberapa daging) dan petak pertanian.

Terus Bergerak

Don't Starve: Pocket Edition

Pada akhirnya kalian ingin membuat markas yang permanen, dengan petak pertanian dan peti barang. Tapi tidak di minggu pertama, untuk waktu ini kalian perlu menjelajah dan mencari tempat yang menarik.

Seperti Desa Babi yang bisa kalian tinggali. Atau gua yang bisa dijelajahi. Mungkin pula kalian akan menemukan mayat dari seseorang, yang barangnya bisa kalian pinjam. Ada banyak alasan untuk menjelajah.

Makanlah

Don't Starve: Pocket Edition

Kalian mungkin berpikir bahwa kalian akan hidup selamanya karena memiliki banyak makanan di kantong. Tapi tak semudah itu: karena makanan akan membusuk.

Jadi, pastikan kalian makan saat lapar. Dan hanya membawa makanan sebanyak yang dibutuhkan untuk beberapa hari ke depan. Jika tidak, semua barang kalian akan tak berguna, pada akhirnya kembali lagi ke pohon berry dan mereka tidak akan berbuah. Hasilnya, kalian mati. Tamat.

Kenali Biome yang Ada

Don't Starve: Pocket Edition

Tanah di Don't Starve: Pocket Edition terbagi menjadi beberapa wilayah yang disebut biome. Ada padang rumput, rawa-rawa, daerah gurun yang kering, hutan, dan lainnya. Ingatlah di mana tempat barang-barang tertentu bisa ditemukan, sehingga saat kalian membutuhkannya, kalian bisa langsung menemukannya.

Jangan Makan Sesuatu yang Aneh

Don't Starve: Pocket Edition

Seperti dalam kehidupan nyata, setiap yang terlihat pasti ingin dimasukkan ke dalam mulut. Itu wajar.

Tapi hati-hati: makan daging monster akan berdampak buruk. Dan beberapa jamur lebih banyak bahayanya daripada yang tidak. Sampai kalian tahu betul seluk beluk makanan di Don't Starve: Pocket Edition, bertahanlah dengan berry dan wortel.

Cadangkan

Don't Starve: Pocket Edition

Kalian bisa membawa beberapa item lebih dari yang diizinkan. Seperti membuat api unggun, tapi jangan dijatuhkan ke tanah. Simpan di inventaris, jadi tak perlu lagi membawa item untuk membuat api unggun. Praktis!

Selesai. Semoga bisa membantu kalian yang sedang memainkan game Don't Starve: Pocket Edition.

Komentar

Postingan populer dari blog ini