Mekorama Review

Robot terkadang nampak lebih superior dari manusia, terutama pada zaman sekarang, tapi jangan lupakan bahwa mereka adalah ciptaan manusia, yang pada suatu saat akan mengalami malfungsi. Sama halnya dengan hati ini….

A. Game.


Title: Mekorama 
Developer: Martin Magni 
Size: 4.7MB 
Version: 1.1 (19 May 2016) 
Genre: Puzzle 
Rating: 3+ 
Ads(iklan): Yes 
In-app purchase: Yes (IDR 10.000 - 320.000) 
Download: 5.000.000+ 
Stars: 4.7 (206.136 users) 
Note: Editor's Choice

 (data pada tanggal 27 Januari 2018)

B. Gameplay.

Game ini tak memiliki narasi atau prolog cerita, meski demikian kita bisa memahami apa yang sebenarnya terjadi dengan mudah lewat gambaran singkat di level 1 (untuk selanjutnya disebut Card). 


Ada robot yang tampak sedang mengalami masalah, keluar asap hitam dari badannya dan ia jatuh mendarat ke dalam air. Tapi ia tidak rusak, malah bisa berjalan di dalamnya. Mungkin sudah mengadopsi fitur anti air. 

Setelahnya, kita diberi intruksi singkat bagaimana memainkan game ini. Seperti mengetuk di bagian layar untuk mengarahkan ke arah mana robot akan berjalan, mengusap layar untuk memindahkan sudut pandang, dan menarik alat atau mesin yang berada di latar. 

Dari Card 1 ini kita tahu bagaimana Gameplay dari game ini. Kita harus membuat si robot berada di tempat atau kotak yang ada lingkaran merahnya. Mungkin itu adalah pengisi dayanya, atau tempat di mana ia bisa memperbaiki dari. Andai di dunia nyata ada juga tempat seperti itu, di mana berdiri di atasnya bisa menyembuhkan luka-luka di hati.


Total ada 50 Card yang harus diselesaikan, tapi sepertinya tidak sulit-sulit amat, asal berpikir cermat saja. Bahkan levelnya terasa tak teratur, dengan arti lain, bisa saja Card 8 lebih mudah dari Card 5, atau lebih rendah dari itu. Kalau pun kesulitan, kalian bisa meminta sebuah petunjuk. 


Caranya, ketuk ikon pause di pojok kanan atas layar, dan menu hints pun akan muncul. Tapi untuk mendapatkan fitur ini, kalian harus membeli salah satu paket yang tersedia di menu pay what you want

Selain itu, kalian bisa mengambil Card lain yang tidak ada di antara 50 Card yang telah tersedia, dengan cara menyorotkan kamera ke gambar Card baru yang ingin diselesaikan, baik berupa gambar atau dalam bentuk barcode, yang tersebar di internet. Atau, kalian bisa membuat latar Card sendiri di menu Make Level.

Oh, iya, untuk menunya sendiri bisa terbilang cukup unik. Tidak seperti menu pada umunya yang seperti daftar absen, atau daftar tamu di kondangan mantan.


Menu di game ini seperti buku. Kalian perlu membalik halamannya untuk membuka menu yang lain. Dan game ini bisa dimainkan dengan layar vertikal ataupun horisontal.

C. Control.

Seperti yang telah disebut di atas, kontrolnya sangat mudah. Bahkan bisa dibilang hanya ada 3 aksi saja, yaitu mengetuk layar untuk menandakan di mana si robot harus pergi, mengusap layar untuk memindahkan sudut pandang, dan menyeret benda-benda yang berada di latar.

D. Graphic.


Grafisnya bisa dibilang berada di atas rata-rata. Gerakan robotnya sangat halus, latarnya cukup mengesankan, dan bentuk 3D-nya tak terlalu mengecewakan. Lebih dahsyat lagi, ukurannya cuma 4.7MB, sama seperti MP3 128kbps yang berdurasi 4 menit lebih.

E. Music.

Musiknya enak dan terasa pas dengan gambaran game-nya, maksudnya, suasana yang diciptakan terasa cocok dengan gerakan si robot yang sedang mencari kotak berlingkaran merah.

F. Kesimpulan.

Untuk mereka yang sedang mencari game yang mengfokuskan pada cara berpikir, tapi cukup sederhana, game ini sangat direkomendasikan.

Grafisnya sedap dipandang, musiknya menyatu dengan permainan, dan gameplay-nya sendiri tidak rumit-rumit amat, tapi tetap membuat otak berputar. Asal tidak sedang memikirkan rasa ditinggal kawin mantan, kalian bisa menyelesaikan 50 Card yang ada dalam satu hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini