Frozen Essence Review

Ketika kamu amnesia, jangan lupa bertanya kenapa ada banyak orang aneh di sekitarmu. Apalagi bila salah-satunya bertudung dan memberitahu: bahwa makanan sehari-harimu adalah debu ajaib.

A.    Game


Released: August 10 2010
Genre: Fantasy, Otome, Visual Novel
Developer: Unbroken Hour
Platform: Windows, Mac, Linux
Length: Medium (10 - 30 hours)
Size: 130Mb

Features:

  • 12+ different endings
  • 75+ CGs
  • Original sound track
  • 4 main guys to choose from and 1 hidden character
  • Approximately 2 hours per path
Tentang:
“In a world balanced by essence, Mina is unsealed from her crystal prison. Without a memory of her own, she follows the guidance from the oracle and stays protected by the bodyguards from those that fear her dark power. With the guidance and protection from the oracle within her realm, her journey begins. 
This is an otome visual novel, an interactive story with choices that affect the ending. You start off inside your realm with a few bodyguards to protect you. You may find love, or it'll end differently. Each path's story differs greatly depending on the path you land on”


B.     Frozen Essence

Frozen Essence adalah sebuah Visual Novel gratis yang diciptakan oleh VenusEclipse dan tim. Menggunakan engine Renp’y, mereka sukses menciptakan sebuah cerita bergerak yang menampilkan Mina, seorang gadis amnesia, dengan beribu-ribu keanehan di sekitarnya.

Untuk art-nya saya tidak bisa berkomentar banyak. Selain cukup dan bagus untuk dinikmati. Ceritanya tidak monoton di satu tempat, tapi berpindah-pindah. Dan akan semakin jauh dari asal cerita dimulai ke tempat yang mungkin penuh pasir atau padang rumput.



Lagunya sendiri sangat pas dengan segala situasi dan kondisi. Ketika berada di Istana Kristal, lagu melembut dengan sedikit dentingan yang khas. Saat putus asa, lagu berubah sendu. Saat ada pertarungan, lagu berubah cepat dan menggebu-gebu. Ketika sebuah kenyataan terungkap, lagu berubah menekan dan sedikit tajam, sarat menyiratkan penyangkalan diam-diam.

Ada lebih dari tujuh puluh lima CGs yang bisa dikoleksi. Kalau gak lengkap terbuka, rasanya tidur tidak bakal tenang.



Cerita dimulai dengan pemberian nama, mau memakai nama default Mina bisa, atau ingin mengetikkan nama sendiri (saya sarankan jangan kasih nama Tono, apalagi Udin).



Setelah itu cerita berlanjut tentang seorang gadis berpakaian compang-camping, berwajah pucat, dan bersorot mata hampa yang terkurung dalam sebongkah kristal raksasa. Percakapan antar penjaga lama dan penjaga baru memberitahu, bahwa gadis tersebut harus terus dipantau. Karena keberadaannya amat sangat penting.



Lalu, sebuah badai debu ajaib(?) menyerang. Semua penjaga tidak menduganya dan kalah dengan telak. Selain faktor kekuatan si Penyelamat yang sangat kuat, ada insiden lain yang juga ikut menyertai (diceritakan di Rute Varian).

Setelah pengejaran yang melelahkan, Mina jatuh pingsan dan terbangun di sebuah istana kristal. Di sini ia bertemu dengan tiga orang lainnya: Rune, Aysel, dan Caius. Cerita semakin dramatis ketika Mina keluar dari gerbang Istana dan terdampar di kota. Di tengah hiruk-pikuk festival yang seharusnya menyenangkan, ada orang-orang jahat yang mengejar Mina dan berusaha mengurungnya kembali ke penjara abadi.

Di sinilah para penjaga Mina mulai kelimpungan. Satu per satu mereka berpencar. Sementara Mina tersesat. Dan pangeran dari antah berantah datang meriuhkan suasana.



C.    Perkenalan para Karakter

1.      Mina



Mina pada mulanya terkurung dalam sebuah bongkahan kristal raksasa selama waktu yang tidak diketahui. Ketika kristal pecah, ia bangkit dan tidak tahu menahu mengenai siapa dirinya, kenapa ada orang menolongnya, dan kenapa pula ia dikejar-kejar sebegitu hebatnya.

Mina keheranan. Semakin heran karena setelah tidak sadar selepas aksi melarikan diri, ia bangun di sebuah istana yang terbuat dari kristal. Di sinilah cerita dan pilihan-pilihan itu dimulai. Anda akan dibawa dalam perspektif seorang Mina dan mencari tahu tentang masa lalunya sekaligus jodohnya (eh).

2.      Oracle


Oracle muncul di awal sebagai penyelamat Mina. Wataknya misterius, tapi sangat baik dan berwawasan luas. Ia yang menceritakan pada Mina tentang Hex sebagai pilar dunia. Ia juga menjelaskan sedikit siapa Mina, tapi lebih memilih menyimpan sebagian besar jawaban.

Oracle di cerita ini seperti pawang yang selalu ada untuk Mina. Entah apa motifnya. Saya tidak mau spoiler. Tapi yang jelas, sesuatu di dalam diri Mina amat sangat berharga sampai-sampai ia menjadi buronan sebuah kelompok elit, dan Oracle berusaha menyelamatkannya karena benda tersebut.

3.      Rune



Rune sikapnya tegas dan overprotective. Ia melarang paling keras Mina dan Aysel untuk keluar ke dunia luar. Bagi Rune, dunia luar itu menakutkan dan penuh orang-orang jahat. Rune satu-satunya orang yang nampak betah berada di Istana Kristal (sementara yang lain sudah bosan setengah mati). Ada alasan kenapa ia memilih memenjarakan diri.

4.      Aysel


Seorang gadis manis nan lugu. Ia mengaku dirinya sebagai bodyguard Mina, meski dari segi fisik ia cocok sebagai maid saja. Aysel dibawa oleh Rune karena sebuah alasan. Bagi Aysel, Rune adalah sosok yang mengasuh dan menjaganya sejak berpisah dari keluarganya. Tapi Aysel tetaplah seorang gadis yang penuh hasrat kebebasan.

Ia yang paling bersikeras pergi ke festival meski ditentang oleh Rune. Karena pergi ke festival, berarti melangkahi gerbang, dan itu dunia luar. Hal yang juga menggelitik Mina dan membuat seluruh anggota Istana terjebak di kota akibat sebuah kecelakaan.

Baca saja kalau penasaran.

5.      Caius


Caius adalah sosok yang jahil, egois, dan kekanak-kanakan. Ia senang mengganggu orang-orang, terutama Aysel (sebelum Mina sadar dan akhirnya jadi sasaran baru).

Awal kedatangannya pun tidak serta-merta memberi kesan yang baik. Tapi bad boy selalu digemari, bukan? Caius selalu berselisih dengan anggota istana yang lain. Tapi ia tetap butuh Istana Kristal sebagai tempat pelarian.

6.      Varian


Tipe serius yang sangat susah diajak melunak. Hidupnya seperti dikejar-kejar sesuatu. Ia tidak pernah bebas dan pasti selalu melakukan sebuah kesibukan. Bahkan ketika pertemuannya dengan Mina yang tidak sengaja. Varian masih tega meninggalkan gadis tersebut demi pekerjaan (workaholic).

Sulit untuk mendapatkan hatinya, tapi hal tersebut dikarenakan masa lalunya yang berat, dan Mina merupakan salah satu penyebab kelamnya kehidupan Varian.

7.      Aurelius


Prince Charming, cuma itu yang terlintas di benak ketika pertama kali bertemu Aurelius. Ia tidak pernah sendirian, selalu dikerubungin orang-orang yang kagum, dan terutama para gadis.

Ramah, supel, berjiwa ksatria, anak konglomerat, merupakan satu dari Guardian Hex Udara. Ia adalah calon yang menjanjikan untuk dibawa ke hadapan Ayah-Bunda (eh). Aurelius selalu hadir ke Festival dan mengajak seorang gadis untuk menemaninya (yang mana Aysel juga berebut ingin bergandengan tangan dengan sang pangeran).

Kalau mau kisah cinta yang ala putri raja, silakan pilih dia.


D.    Rute

Ada enam rute yang bisa dipilih di dalam visual novel ini. Tergantung cowok mana yang mau digebet. Setiap rute, memiliki dua ending yang berbeda (bad end, good end). Karenanya, mengenali karakteristik setiap cowok sangat perlu. Sebab setiap pilihan akan memengaruhi cerita.

Ada tiga bagian penting dalam cerita ini: saat di Istana Kristal, Festival, dan Gua. Jika berhasil melewati ketiga bagian tersebut, akan muncul satu-satunya pilihan yang menjadi rute hakiki (kalau ingin mendapatkan cowok, inilah penentuannya). Di rute ini nanti kamu akan berjuang, sembari mencari ingatan, juga meluluhkan hati pasangan, sekaligus menghindari kejaran organisasi elit: White Order.

Anak kecil ini punya peran tersendiri, tapi lebih ke teman berbicara
dalam pikiran Mina

Merasa tidak ada cowok yang cocok? Tenang. Kalau beruntung bisa saja kamu bertemu dengan tokoh misterius. Dan sumpah, cerita di rute ini sangat worth it untuk dikejar. Karena ada alasan dari sebab terkurungnya Mina yang tidak ditemukan di rute lain. Dan itu sangat romantis~~~

Masih merasa tidak cocok dan ingin menguasai dunia saja? Tenang. Rute tersebut ada. Jadi, cobalah memilih dengan hati tanpa melihat contekan (a.k.a walkhtrough). Seperti apakah akhir yang akan kamu dapatkan? Ini menyenangkan lho.

E.     Akhir Kata

Sebagaimana semua game otome, satu cewek dengan banyak laki-laki yang mengelilinginya itu wajar. Yang penting ceritanya bagus dan eksekusinya mantap. Dari segi gambar, visual novel ini menjanjikan. Ceritanya pun tidak kalah seru dan menegangkan.

Lumayan buat buang waktu dan nunggu jodoh turun dari kahyangan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini